Galangan Kapal Cepat Harga Speed Boat Patroli Tugas Dan Fungsi

Galangan kapal cepat patroli fiberglass tugas penting dan fungsinya. Galangan kapal merupakan sebuah tempat yang sudah tidak asing bagi mereka yang berkecimpung dibidang kemaritiman. Galangan kapal ini memang lokasi yang didesain untuk membuat, memperbaiki serta melakukan pemeliharaan kapal, baik berupa armada militer, galangan kapal pesiar, pesawat penumpang atau barang dan masih banyak lagi, Untuk proses pembuatan kapal biasanya meliputi desain, pemasangan plat lambung, pemasangan gading awal, instalasi peralatan, tes kelayakan pengecekan serta klasifikasi oleh Class yang sudah ditunjuk.
Sementara untuk proses pemeliharaan maupun perbaikan meliputi: perawatan main engine, perbaikan propeller sterntube, perbaikan konstruksi lambung, maupun peralatan yang lain. Umumnya di lokasi galangan kapal yang besar akan dilengkapi dengan dok kering, crane, gudang bebas debu, slipway, fasilitas pengecatan serta lokasi yang sangat luas sebagai fabrikasi dari kapal-kapal mancing tersebut,
Ketika kapal sudah tidak layak lagi digunakan maka ia akan tiba di peristirahatan terakhir di galangan penghancuran kapal. Sebagai informasi, galangan kapal atau shipyard ini memiliki 3 jenis yakni:
1. Building and repair shipyard
Tempat ini bisa dimanfaatkan baik dalam ruang lingkup repair, maintenance bahkan pembangunan kapal baru.
2. Repair dock shipyard
Repair dock shipyard merupakan lokasi yang dipakai dalam ruang lingkup pemeliharaan kapal (maintenance) dan perbaikan kapal (repair).
3. Building dock shipyard
Building dock shipyard merupakan lokasi yang hanya dipakai dalam ruang lingkup pembangunan kapal jenis baru atau new building.
Di lokasi galangan kapal biasanya juga melakukan proses docking kapal yakni proses pemindahan kapal dari air laut menuju ke atas dock dengan fasilitas pengedokan. Mengingat spesifikasi kapal sangat berbeda-beda, maka proses docking ini harus dilakukan dengan hati-hati dan perencanaan yang matang.
Sementara untuk jenis pekerjaan reparasi kapal yang dilakukan di atas galangan kapal antara lain:
1. Penerimaan kapal yang dilakukan di dermaga
2. Mempersiapkan dudukan atau pengedokan kapal
3. Proses docking
4. Pembersihan bodi kapal
5. Memeriksa kerusakan konstruksi
6. Melaksanakan pekerjaan baik mesin, konstruksi badan, dll
7. Pemeriksaan hasil dari pengerjaan
8. Pengecatan bagian lambung kapal
9. Undocking atau penurunan kapal dari dalam dock
10. Penyelesaian pekerjaan di atas air maupun sandar di jetty
11. Trial atau percobaan
12. Menyerahkan kapal pada pemilik kapal
Dari penjelasan di atas kita bisa mengetahui bahwa peran galangan kapal sangat penting dalam kemajuan kemaritiman khususnya di Indonesia. Dengan teknisi yang ahli proses pembuatan kapal baru, pemeliharaan dan perbaikan kapal menjadi lebih maksimal.
Galangan kapal di Indonesia memiliki tugas penting dan fungsinya seperti di jelaskan di atas. Kapal merupakan sebuah transportasi yang sudah tidak asing bagi kita yang berkaitan dibidang kelautan dan perkapalan. Galangan kapal merupakan tempat yang di peruntukkan untuk memproduksi, memperbaiki serta melakukan pemeliharaan speedboat, baik kapal milik militer, kapal pesiar pribadi, speedboat penumpang atau barang, Untuk proses produksi kapal umumnya meliputi desain, pemasangan awal, pemasangan akhir, instalasi perlengkapan dan peralatan, tes kelayakan pengecekan serta klasifikasi oleh Class kapal yang sudah ditunjuk BKI.